Pengertian VGA, Fungsi VGA, dan jenis-jenis VGA lengkap

VGA onboard dan VGA Add-onKomputer terbentuk bukan dari satu komponen saja melainkan komputer terbentuk dari kumpulan komponen-komponen lainnya. Komponen dalam komputer itu beragam sekali dimana satiap komponennya memiliki peran tersendiri, salah satunya ialah VGA. VGA sendiri memiliki peran yang sangat penting untuk proses Output komputer, dimana dengan adanya VGA ini kita tau apa yang sedang kita jalankan atau perintahkan. Banyak sebenarnya diantara kita yang belum mengenal komponen yang satu ini terutama bagi Anda yang baru mengenal teknologi komputer, dan mungkin fungsi dan jenis dari komponen ini masih menjadi tanda tanya diantara Anda-Anda semua. Nah tujuan Artikel kali ini akan menjelaskan Pengertian, fungsi dan jenis VGA pada komputer, dimana yang telah kita ketahui bahwa VGA sendiri memiliki peran yang sangat penting terhadap komputer. Bagaimana penjelasanya yuk disimak ulasannya berikut ini.

A. Pengertian VGA

VGA (Video Graphic Adapter) merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai perangkat Output yang bertugas untuk mengolah data menjadi tampilan grafis atau teks di layar monitor, sinyal digital yang dihasilkan oleh pengolahan data akan diubah oleh vga menjadi tampilan grafik dilayar monitor. Jadi sudah jelaskan Fungsi VGA ialah menerjemahkan inputan dari penguna dan menampilkan inputan yang sudah diterjemahkan oleh VGA kepada output yang kemudian akan dibaca lagi oleh penguna, atau secara lain fungsi dari VGA yaitu Untuk menampilkan hasil proses dari inputan yang berupa grafis dan dikeluarkan dalam bentuk output yang kemudian ditampilkan ke monitor. Banyak nama sebutan untuk komponen satu ini seperti Visual Graphic Arrayatau video adapter,  Graphic Accelerator, graphic card, graphic board, display adapter, dan graphics adapter. VGA juga merupakan singkatan dari Video Graphic Array. Disebut array atau susunan, jajaran menjadi adapter karena diawal produksi, VGA diimplementasikan sebagai satu chip atau lebih dikenal dengan istilah ASIC (A Single Chip) dimana ini menggantikan chip Motorola dengan lusinan chip-chip lainya. Hal Ini dilakukan untuk memudahkan para pembuat motherboard untuk menanamkan chip tersebut di motherboard-motherboard produksi mereka. Karena faktor praktis dan ekonomis VGA onboard mulai menjadi tren. Dengan hanya membeli motherboard konsumen tidak perlu membeli kartu grafis yang bisa mencapai setengah harga motherboard. VGA juga menjadi standar konektor keluaran(output) dari computer (VIA kartu grafis atau motherboard) ke monitor. Konektor tersebut dikenal dengan sebagai VGA konektor. Meskipun ada beberapa masalah umum pada mode koneksi seperti elektrikanl noise, image distortion, dan sampling error. Tetap VGA menjadi standar karena telah luasnya penggunaan PC IBM. Diawal VGA lebih Dioptimalkan untuk 2D namun seiring perkembangan VGA kini lebih dioptimalkan untuk 3D. VGA masa kini sudah menggunakan Graphic Accelerator chip yang mampu melakukan rendering tingkatan 3D dan ditampilkan di layar monitor. VGA memiliki processor yang sering disebut dengan GPU kemudian ditambah lagi dengan memori. VGA disini juga membutuhkan pendingin untuk mengurangi panas. Jika terlalu panas dan terjadi overheat maka VGA card bisa saja rusak dan tidak bisa digunakan lagi. Saat ini banyak para pengguna komputer sering menganti atau mengupgrade VGA mereka terutama yang VGA Card, Menganti atau mengupgrade VGA Card seakan-akan hal yang wajib bagi mereka, hal ini jelas dikarenakan VGA memiliki peran terpenting demi kelancaran dalam menampilkan grafis, program dengan spesifikasi tinggi tentu akan mempengaruhi kinerja komputer, jika VGA atau VGA Card Anda biasa-biasa saja tentu hal ini jelas akan mempengaruhi kelancaran Anda dalam menjalankan aktifitas komputer.

B. Sejarah singkat VGA

VGA, adalah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. Walaupun standar VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru, VGA masih diimplementasikan pada Pocket PC. VGA merupakan standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer. Tampilan Windows sampai sekarang masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen monitor dan kartu grafis.

Istilah VGA juga sering digunakan untuk mengacu kepada resolusi layar berukuran 640×480, apa pun pembuat perangkat keras kartu grafisnya. Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Untuk proses desain grafis atau bermain permainan video, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi. Produsen kartu grafis yang terkenal antara lain ATI dan nVidia.

Selain itu, VGA juga dapat mengacu kepada konektor VGA 15-pin yang masih digunakan secara luas untuk mengantarkan sinyal video analog ke monitor. Standar VGA secara resmi digantikan oleh standar XGA dari IBM, tetapi nyatanya VGA justru digantikan oleh Super VGA.

VGA pertama kali dipasarkan pada tahun 1987 oleh IBM. Meskipun standard VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang tentunya lebih baru. VGA merupakan standar grafis trakhir yang diikuti oleh matoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer. Sampai sekarang oun tampilan windows masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen kartu grafis dan monitor.

C. Jenis-jenis VGA

Di lihat dari bentuknya vga komputer terbagi menjadi 2 jenis yaitu on board dan add-onn, dimana keduanya memiliki fungsi yang sama tapi perangkat dan bentuknya berbeda. 

VGA On-Board

VGA On-Board
Vga on board bisa di jumpai atau ditemukan di dalam rangkaian motherboard itu sendiri karena sudah satu paket. VGA onboard adalah unit pemproses yang sudah terintegrasi (menyatu)dengan motherboard, VGA Onboard fungsinya sudah disesuaikan dengan kinerja dari motherboardnya atau dengan ukuran standard Motherboard.  Keberadaan chipset VGA onboard ini tidaklah bersifat tetap karena VGA onboard ini dapat diatur untuk tidak aktif jika user ingin memasang VGA card yang diinginkannya. VGA On Board menggunakan RAM sebagai Memory VGA alias Share Memory Artinya VGA card on-board tidak memiliki memori sendiri. Hal ini berakibat pada “pemotongan” memori utama CPU atau laptop anda yang dikenal dengan RAM untuk digunakan oleh VGA. Jika RAM terbatas, tentu saja kinerja PC secara keseluruhan akan menjadi lambat. Performa dari jenis on board sendiri sebetulnya cukup baik jika tidak melakukan pemrosesan grafis tingkat tinggi seperti game 3D (mungkin hal ini khusus untuk jaman dulu), tapi di masa kini ada beberapa VGA on-board yang sudah mampu menjalankan program tingkat tinggi seperti gama 3D, Editing, Desain grafis, dan lain-lain dengan lancarnya, walaupun tidak sebaik VGA Card.

VGA Add-On
VGA Add-On
VGA Add-on merupakan hardware yang terpisah dengan motherboard artinya tidak satu paket dengan motherboard, bisa dibilang juga VGA Add-on adalah  VGA tambahan yang bisa anda pilih jika anda merasa kurang puas dengan kinerja VGA sebelumnya. VGA Add-on memiliki interface semacam PCI atau AGP. Pada VGA Add On sudah memiliki GPU dan Memori tersendiri artinya peran RAM dan processor dapat terkurangi. VGA Add-on ini biasa disebut Vga Card, Graphic Card, Video Card, dan lain-lain. Jenis VGA Add-on ini sangat cocok untuk memproses grafis tingkat tinggi seperti bermain game 3D, menggambar, edit film dan membuat desain grafis. Namun anda harus memperhatikan kemampuan atau perfoma dari kartu grafis add-on jika anda berniat menggunakannya untuk menjalankan program tingkat tinggi.

1. Pengertian dan fungsi VGA Card

VGA Card, Graphic Card (kartu grafis) ataupun Video Card merupakan sebuah perangkat VGA tambahan yang berfungsi untuk menerjemahkan atau mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor. Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output komputer ke monitor. Perangkat keras ini akan melakukan rendering atau pemrosesan output berupa visual yang ditampilkan pada layar monitor.  jadi sudah jelas kalau kelebihan VGA Card yaitu bisa melakukan pekerjaan rendering berat dan tidak “memakan” memori utama atau RAM dalam CPU. Proses yang melibatkan grafis tidak akan membebani prosesor dan komputer anda akan lebih cepat dalam memproses sesuatu.VGA card berhubungan langsung dengan tampilan di layar monitor. Kata “card” menunjukkan bahwa bentuk VGA card mirip dengan kartu yang ditancapkan pada slot yang ada di motherboard  anda. Ya....VGA Card ini bisa Anda pasang pada slot ekspansi yang sudah tersedia pada motherboard, ketika Anda memasang VGA Card ini maka VGA Onboard akan ternonaktifkan.

Baca juga: "Tips memilih VGA Card terbaik untuk PC Gaming" 

Berikut ini fungsi lain dari VGA Card ialah sebagai berikut :
1. Membuat tampilan gambar pada monitor lebih baik, jernih dan tajam.
2. Membantu dalam pembuatan design grafis dan 3D design.
3. Pada saat menjalankan program tingkat tinggi, tampilan grafis yang dihasilkan VGA Card jauh lebih baik.
4. Cocok bagi Anda yang hobi menonton film dengan tampilan detail gambar yang sempurna.
5. Dapat mengoneksikan PC atau laptop ke layar televisi dengan menggunakan HDMI yang menampilkan gambar yang lebih baik.
6. Meringankan dan menambah kinerja komputer terutama komponen Processor dan RAM.

2. Komponen-komponen penyusun VGA Card


Komponen-komponen penyusun VGA Card

1. VGA Board
Sama halnya dengan Motherboard, VGA Card ternyata memiliki papan boardnya sendiri dimana didalamnya terdapat beberapa komponen seperti yang ada di motherboard misalnya Processor(GPU), RAM, dan lain-lain. VGA Board Merupakan papan tempat untuk meletakkan komponen-komponen Graphic Card, fungsinya seperti motherboard pada komputer.

2. GPU (Graphic Processing Unit)
GPU adalah singkatan dari Graphics Processing Unit atau jika diartikan kedalam bahasa indonesia yaitu Unit Pengolahan Grafis, dalam definisinya menjelaskan bahwa GPU adalah sirkuit khusus yang dirancang secara cepat mengubah memori menjadi sedemikian rupa selanjutnya mempercepat pembentukan gambar dalam frame buffer dan hasil outputnya akan ditampilkan. GPU merupakan otak dari sebuah VGA Card, GPU berbentuk seperti chipset yang sudah tertanam pada VGA Board (PCB). GPU berfungsi mengelola data gambar yang akan ditampilkan di monitor, mengubah data digital menjadi pixel, sebuah set dari titik berwarna yang ada akan terlihat di monitor. Saat resolusi monitor Anda di set pada 1024 kali 768, kartu grafis akan mengkalkulasikan jumlah warna yang tepat untuknya, dan menghasilkan data sebanyak 786.432 pixel yang digambarkan di layar–dan mengulangi proses ini sebanyak 30 hingga 90 kali per detik. Pada intinya GPU adalah Processornya VGA Card. Meskipun GPU memiliki kesamaan dengan CPU namun CPU dan GPU memiliki fungsi yang berbeda, GPU kuat di grafis sedangkan CPU kuat diperhitungan (Algoritma), jadi dengan adanya GPU di VGA Card maka kinerja CPU akan berkurang.  Untuk saat ini hanya ada dua GPU untuk PC yang bagus, yaitu Nvidia dan Ati Radeon. GPU memiliki tingkat kecepatan yang lebih dikenal dengan istilah clockspeed . 
 
3. Memory Video
Memori video berfungsi untuk menyimpan gambar yang diproses oleh GPU sebelum ditampilkan ke monitor. Semakin besar memori video, semakin baik kartu grafis dapat menangani tekstur ketika menampilkan gambar 3D. Frame buffer Istilah yang umum digunakan untuk merujuk ke bagian dari memori video yang menyimpan gambar sebelum mereka akan ditampilkan pada layar. Kartu grafis sangat bergantung pada jenis kartu memori yang digunakan, dan waktu respon mereka sangat penting untuk menampilkan gambar dengan cepat, seperti jumlah memori, yang mempengaruhi jumlah dan resolusi gambar yang dapat disimpan dalam frame buffer.

Berikut ini perbedaan Kecepatan Momory Video (VRAM)
  • VGA DDR (Double Data Rate) biasanya kecepatannya hanya mencapai 400MHz saja.
  • VGA DDR2 (Double Data Rate, Generasi 2) biasanya kecepatannya antara 400 sampai 1000MHz
  • VGA DDR3 (Double Data Rate, Generasi 3) kecepatannya kira2 antara 1400 sampai 1800MHz
  • VGA GDDR4 (Graphics Double Data Rate, Generasi 4) kecepatannya antara 1800 sampai 2200MHz
  • VGA GDDR5 (Graphics Double Data Rate, Generasi 5) kecepatannya sangat fantastis mencapai 3600 sampai 4000MHz, GDDR5 bisa mencapai Up to 6 GHZ.
Berikut ini jenis-jenis RAM yang digunakan VGA Card, jenis ini terbagi menjadi 5  yaitu:

A .DRAM (Dynamic RAM)
Kartu grafis dengan menggunakan memori DRAM (Dynamic RAM) memiliki kecepatan 80ns atau 70 ns, ada juga MD-RAM (Multiple Dynamic RAM) yang memiliki DRAM (Dynamic RAM) berlapis. DRAM (Dynamic RAM) banyak digunakan oleh VGA card 8, 16 atau 32-bit. Penggunaan DRAM (Dynamic RAM) ditujukan untuk komputer entry level tidak terlalu memerlukan warna dan kecepatan tinggi dalam merendering grafis.

B . EDO RAM
Kartu grafis dengan menggunakan memori EDO RAM memiliki kecepatan 60 ns sampai 35 ns, EDO RAM banyak ditemui pada VGA card 64-bit.

C. VRAM (Video RAM)
Kartu grafis dengan menggunakan VRAM (Video RAM) memiliki kecepatan 20 atau 10 ns, VRAM (Video RAM) lebih mahal dibandingkan DRAM karena kecepatannya untuk melakukan rendering. Penggunaan VRAM (Video RAM) biasanya digunakan untuk komputer high level atau untuk desain grafis. 

D. SGRAM (SYNCHRONOUS GRAPHIC RAM)
Kartu grafis dengan menggunakan SGRAM (Synchronous Graphic RAM) memiliki kecepatan kurang dari 10 ns, SGRAM dikembangkan berdasarkan SDRAM pada memori komputer. SGRAM (Synchronous Graphic RAM) banyak digunakan untuk Video Graphics Accelerator card kelas tinggi yang mempunyai kemampuan 3D accelerator.

E. RAMBUS
Kartu grafis dengan menggunakan RAMBUS jumlahnya sangat sedikit, biasanya Video Graphics Accelerator card berjenis RAMBUS digunakan oleh konsol-konsol game seperti Nitendo atau Sega.

5. RAMDAC  (random access memory digital-analog converter)
RAMDACberfungsi untuk mengubah sinyal digital yang dihasilkan oleh kartu video menjadi sinyal analog yang akan ditampilkan pada layar monitor. RAMDAC digunakan untuk mengkonversi gambar digital yang disimpan dalam frame buffer sebagai sinyal analog untuk mengirim ke monitor. Frekuensi RAMDAC yang menentukan refresh rate (jumlah gambar per detik, dinyatakan dalam Hertz – Hz) yang dimiliki sebuah kartu grafis.  Komponen ini merupakan sebuah jenis memori RAM yang berfungsi sebagai pengubah sinyal. Namun untuk saat ini, ketika monitor sudah berubah menjadi digital (layar LCD), komponen RAMDAC ini tidak diperlukan lagi. Kecuali jika masih menggunakan monitor analog (CRT atau LCD analog).

6. Video BIOS.
Video BIOS digunakan untuk menyimpan program dasar yang mengendalikan kerja kartu video dan menyediakan instruksi yang mengijinkan komputer dan program aplikasi atau sistem operasi untuk berkomunikasi dengan kartu video tersebut. Video BIOS juga bisa berisi data tentang informasi spesifikasi dari kartu video seperti kecepatan operasi, pewaktuan memori, tegangan prosesor grafis, dan informasi lainnya. Hal ini memungkinkan untuk melakukan perubahan spesifikasi yang dilakukan oleh pengguna untuk mempercepatan kinerja kartu video (overclock).

7. Konektor atau interface Penghubung ke slot Motherboard
Konektor digunakan untuk menghubungkan kartu video dengan  motherboard. Konektor ini berupa papan PCB yang bisa dipasangkan pada slot ekspansi yang ada pada papan motherboard. Ada beberapa jenis konektor yang ada yang disesuaikan dengan slot pada motherboard, Nah berikut ini beberapa jenis VGA Card berdasarkan slot ekspansinya, diantaranya:

1. VGA ISA
VGA ISA

VGA ISA merupakan jenis kartu yang di tancapkan di slot ekspansi ISA (Industry Standard Architecture) yang menggunakan sistim 8 bit dan 16 bit. Seiring dengan perkembangan teknologi vga card, saat ini jenis VGA ISA sudah tidak di gunakan lagi karena kemampuannya yang terbatas seperti kecepatannya yang berjalan lambat dan kualitas tampilan yang sangat minim.

2. VGA EISA

VGA EISA
Berikutnya jenis kartu VGA EISA di tancapkan ke slot ekspansi EISA (Extend Industry Standard Architecture) bus dengan menggunakan sistim 32 bit I/O. Tak berbeda jauh dengan VGA ISA, kartu jenis VGA EISA juga sudah tidak di gunakan lagi mengingat kecepatan transfernya yang berjalan lambat dan kualitas tampilan grafis yang kurang baik.

3. VGA PCI

VGA PCI
Jenis kartu VGA PCI di tancapkan pada slot ekspansi PCI (Peripheral Component Interconnect) bus dengan menggunakan sistim 32 bit dan 64 bit. Standar bus PCI ini dikembangkan oleh konsorsium PCI Special Interest Group yang dibentuk oleh Intel Corporation dan beberapa perusahaan lainnya, pada tahun 1992. VGA card ini bisa digunakan dengan memasang pada slot vga, karena keterbatasan fitur vga jenis ini kini sudah jarang sekali digunakan. PCI kemampuan menstransfer data sebesar 32 – 64 bit / detik lebih cepat dibanding ISA. Standar PCI adalah 64 saluran data pada kecepatan 33MHz, laju transfer data 263 MB per detik atau 2,114 Gbps. Tujuan dibentuknya bus ini adalah untuk menggantikan Bus ISA/EISA yang sebelumnya digunakan dalam komputer IBM PC atau kompatibelnya. Slot yang berwarna putih yang digunakan sebagai tempat pemasangan card yang berslot PCI. 

4. VGA AGP

VGA AGP
Jenis kartu AGP di tancapkan ke slot ekspansi AGP (Accelerated Graphics Port) bus dengan menggunakan sistim 148 bit dan 256 bit. Dasar dari di buatnya AGP adalah untu mempercepat transfer data terhadap memori secara signifikan dari cpu ke tampilan monitor. jenis slot VGA AGP dapat dengan mudah di kenali dari ciri fisiknya yang kelihatan dari pin-nya yang membentuk vertikal yang lebih mirip dengan formasi sarang lebah.  Pada Juli 1996 intel membuat VGA AGP pertama kali (1.0) dalam seri chipset intel 440. AGP bersifat independen dan dibuat berdasarkan bus PCI, tapi memiliki beberapa kemampuan yang lebih baik. AGV dibuat khusus sebagai bus mendukung kartu grafis berkinerja tinggi menggantikan yang sebelumya. Selain spesifikasi diatas, ada lagi spesifikasi AGP yang dinamakan dengan AGV pro dan Pro Universal dengan kemampuan 3.3 dan 1,5 volt. Versi 1.0 dari AGP Pro diperkenalkan pada bulan Agustus 1998 lalu direvisi dengan versi 1.1a pada bulan April 1999. AGP Pro memiliki slot yang lebih panjang dibandingkan dengan slot AGP biasa, dengan tambahan daya 110 Watt, lebih besar 25 Watt dari AGP biasa yang hanya 85 Watt

5. VGA PCIe

VGA PCIe
Jenis kartu berikutnya adalah VGA PCIe, jenis ini merupakan pengembangan dari kartu VGA PCI sebelumnya yang memiliki kemampuan cukup baik. PCI sendiri lebih di kenal dengan PCI Express yang di rancang untuk memasang interface dengan teknologi mutakhir masa kini yang membutuhkan kecepatan transfer tingkat tinggi. Jenis VGA ini paling banyak di gunakan untuk saat ini, bahkan VGA keluaran terbaru sudah menggunakan teknologi ini. PCIe memang dirancang agar mampu memasang peralatan-peralatan mutakhir. PCIe memiliki beberapa versi seperti versi 1.0, 2.0 dan 3.0 dengan mode kecepatan mulai dari 1x sampai yang sekarang hingga 32x. Selain itu PCIe juga memiliki kecepatan transfer data dan bandwith yang sangat cepat dan besar, Contoh 32bit, 64bit, 148bit, 256bit, 514bit, dan seterusnya. Semakin besar bandwith atau transer datanya maka Semakin besar pula data yang bisa di akses. Semakin lebar jalan maka semakin banyak mobil yang dapat lewat, begitulah kira-kira gambarannya. Biasanya semakin besar Jalur data semakin besar pula Memori dan tipe interface Graphic Card. Sungguh Jauh melampaui jenis-jenis slot ekspansi VGA sebelumnya.

8. Kipas Pendingin
Komponen pendingin untuk saat ini merupakan komponen yang umum digunakan karena bisa mengurangi panas yang terjadi pada prosesor grafis. Dengan bertambahnya fungsi kerja dari prosesor grafis, akan menambah beban kerja dari prosesor grafis itu sendiri yang pada akhirnya menimbulkan panas yang berlebih. Sehingga saat ini kartu video sudah dilengkapi dengan komponen pendingin, minimal pendingin pasif jika tidak menggunakan kipas pendingin.

9. Konektor daya tambahan
Konektor ini digunakan untuk menambah suplay daya ke kartu video yang tidak bisa dicukupi oleh konektor atau slot dari motherboard. Karena dengan peningkatan kinerja, membutuhkan daya yang berlebih. Untuk menambah kekurangan daya, maka kartu video dilengkapi dengan konektor daya tambahan.

10. Konektor (port) output lainnya
Sebenarnya ada 4 jenis konektor(port) output VGA Card namun yang saat ini masih dipakai cuma 3 saja, dan 1 diantara merupakan konektor (port) terbaru. Dua konektor digital utama yang dipakai komputer dan entertaiment system saat ini adalah HDMI dan DVI. Sedangkan DisplayPort adalah konektor baru lainnya yang tengah disertakan ke sejumlah komputer baru, dan juga terdapat beberapa varian mini dan micro dari ketiga kabel ini. Selain dilengkapi dengan konektor VGA atau DVI, ada beberapa kartu video yang dilengkapi dengan konektor tambahan seperti konektor S-Video, Composite, Line-In, Line-Out, Display port, dan konektor lainnya. Berikut ini beberapa konektor (port) yang dihubungkan ke Monitor, di antaranya seperti berikut:
  1. VGA (Video Graphics Array) Port Video Graphics Array atau lebih dikenal dengan VGA adalah port yang memiliki fungsi untuk mengirimkan sinyal video hasil pengolahan komputer untuk ditampilkan ke media keluaran seperti Proyektor dan Monitor supaya dapat dilihat pengguna. Port VGA ini sudah dapat digunakan pada komputer Cembung (CRT) dalam arti lain, Port VGA ini sudah lama ditemukan. Jenis konektor VGA yang paling sering digunakan adalah konektor VGA 15 pin. Dibandingkan dengan DVI dan HDMI, kabel VGA masih dibawah kedua konektor tersebut, dalam kualitas maupun kemampuan yang dimiliki. Pemasangan kabel VGA atau yang sering dikenal dengan kabel Monitor ini sangatlah mudah, kita hanya perlu mencolokkan salah satu kabel ke CPU dan satunya lagi dicolokkan pada komputer.
  2. DVI (Digital Video Interface) DVI merupakan salah satu port digital video paling umum yang ada di dekstop dan LCD monitor saat ini. Dari namanya saja sudah dapat kita simpulkan bahwa port DVI memiliki kualitas yang baik dari segi kemampuan. Port Digital Video Interface ini mampu menghilangkan noise pada video saat konversi analog maupun konversi digital. Jenis kabel DVI yang paling sering digunakan adalah yang memiliki 24 pin. DVI dapat menstream sampai 1920A~1400 HD video, atau dengan konektor dual-link DVI Anda bisa mensupport sampai 2560~1600 pixel. Beberapa kabel atau port DVI mungkin mempunyai pin lebih sedikit lantaran dirancang untuk perangkat resolusi rendah. Jadi Anda harus memperhatikan hal ini. Akan tetapi, bila port berisi semua pin maka ia mensupport resolusi maksimal tanpa kendala. Masalah terbesar pada DVI adalah, secara default, ia tidak mensupport enkripsi HDCP, sehingga jika hardware Anda hanya menyertakan port DVI, Anda mungkin tidak bisa memplayback full HD Blue-ray dan HD content lainnya.
  3. HDMI (High Definition Multimedia Interface) Dibandingkan dengan kedua konektor output sebelumnya, port HDMI adalah rajanya. Port ini banyak digunakan untuk komputer/tv yang memerlukan resolusi tinggi (HD). Selain itu, Port HDMI memiliki bentuk yang sederhana dan lebih simple dibandingkan dengan pendahulunya membuatnya lebih mudah untuk dipasang. Salah satu kelebihan yang dimiliki, HDMI mampu menstream audio dan video bersamaan dengan hanya menggunakan 1 kabel saja. HDMI adalah port default pada HDTV, Blue-ray player, Apple TV, komputer dan video card baru, dan seabrek video device lainnya. Kabel HDMI mudah dipasang, semudah anda mencolokkan perangkat basis USB. Anda cukup push and play. Port HDMI dapat menstream digital video dan audio secara bersamaan lewat kabel yang sama. Kabel-kabel HDMI mensupport sampai 1920A~1400 HD video dan 8 chanel audio. Juga, mensupport enkripsi HDCP pada beberapa HD content terkini. Seutas kabel HDMI memungkinkan Anda menghubungkan komputer atau video divice ke monitor atau TV, dan ia adalah kabel digital standar.
  4. DisplayPort DisplayPort merupakan video connector baru lainnya yang mulai muncul di banyak perangkat baru. DisplayPort adalah antarmuka layar digital yang dikembangkan oleh Video Electronics Standards Association (VESA). Antarmuka ini terutama digunakan untuk menghubungkan sumber video ke perangkat display seperti monitor komputer , meskipun juga dapat digunakan untuk mengirimkan audio, USB, dan data-data lainnya. VESA spesifikasi bebas royalti . VESA dirancang untuk mengganti VGA , DVI , dan LVDS . kompatibilitas untuk VGA dan DVI dengan menggunakan dongle adaptor memungkinkan konsumen untuk menggunakan sumber video DisplayPort dipasang tanpa mengganti perangkat layar yang ada. Meskipun DisplayPort memiliki banyak fungsi yang sama dengan HDMI , diharapkan untuk antarmuka, tidak menggantinya. Penggunaannya Display port tidak sebanyak DVI atau HDMI. Akan tetapi , ia sudah banyak tertanam ke komputer baru Mac, Dell, HP, Lenovo, dan lain-lain. Sebenarnya ia sangat mirip HDMI, dan dapat menstream baik HD video dan audio kabel yang sama, dan bisa mensupport resolusi hingga 1920A~1080 dan 8 channel audio di seutas kabel. Kelebihannya, DisplayPort mensupport HDCP, sehinnga Anda dapat menggunakannya untuk memplayback HD content terproteksi pada Blue-ray dan banyak lagi. Anda juga dapat menghubungkan ke HDMI atau DVI port dengan sebuah converter, karena sinyal digital kompatibel. Kelemahannya sedikit monitor dan TV menyertakan diplayPort port sehingga anda harus membekali dengan konverter bila anda ingin menggabungkan laptop ke layar lebar.

3. Perusahaan pembuat prosesor grafis

ATI Radeon dan NVidia

1. NVIDIA Corporation adalah sebuah perusahaan produsen prosesor grafis (graphics processing unit), kartu grafis, media dan alat-alat, komunikasi untuk komputer pribadi, dan konsol permainan Sony Playstation 3. Produk paling terkenal dari NVIDIA adalah seri GeForce yang digunakan untuk bermain permainan komputer. Markas utama NVIDIA berada di Jalan Bebas Hambatan San Tomas, Santa Clara, California. Saingan terberat NVIDIA adalah ATI/AMD Radeon. Pada 2001, perusahaan ini meraih pemasukan AS$1,37 miliar dan pendapatan bersih AS$177,1 juta. nvidia Berdiri pada tahun 1993 yang di gagas oleh beberapa pendirinya , antara lain adalah jen hsung huang ( CEO nvidia yang sekarang ) , Curtis Priem dan Chris malachowsky, ide nama nvidia sebagai nama perusahaan diambil dari kombinasi antara huruf inisial n sebagai variabel dalam matematika - dan kata video berasal dari bahasa latin yang artinya melihat hingga akhirnya nama tersebut memiliki makna "pengalaman visual terbaik" Namun dalam publikasi dan dokumentasi perusahaan , nama nvidia lebih sering ditulis dalam huruf kapital NVIDIA

2. ATI(ATI Technologies Inc) adalah perusahaan desainer dan pemasok utama dari unit pemrosesan grafik dan chipset motherboard. Pada tahun 2006, perusahaan ini diakuisisi oleh Advanced Micro Devices (AMD) dan berubah namanya menjadi AMD Graphics Product Group, walaupun begitu, nama ATI tetap digunakan untuk menamai kartu grafis mereka. Salah satu produk paling terkenalnya adalah kartu grafis seri Radeon yang selalu bersaing dengan perusahaan kartu grafis lainnya yaitu NVIDIA yang mengeluarkan seri GeForce. Kartu grafis ATI juga digunakan pada konsol permainan Xbox 360 dan nintendo Wii. ATI Pertama kali didirikan di tahun 1985 dengan kepanjangan Array Technology Inc. Perusahaan ini kemudian dirilis secara publik sejak tahun 1993. Advanced Micro Devices (atau yang lebih dikenal sebagai AMD) mengakusisi ATI pada tahun 2006. Sebagai salah satu perusahaan produsen semikonduktor terbesar di dunia, ATI telah memiliki fasilitas penelitian dan pengembangan dan men-subkontrakkan proses produksi dan perakitan dari semua produknya. Tetapi dengan penuruan dan kebangkrutan dari salah satu pesaing yg bernama 3dfx pada tahun 2000, ATI dan rival abadi mereka Nvidia muncul sebagai dua pemain utama dalam industri prosesor grafis yang saling bersaing untuk menjadi produsen VGA terbaik, dan pada akhirnya memaksa perusahaan lain yang lebih kecil hanya menjadi pelengkap saja. Akusisi yang dilakukan AMD terhadap ATI pada tahun 2006 adalah sebuah strategi penting untuk pengembangan strategis divisi processor komputer mereka, yang berusaha menggabungkan fungsi pengolah data dengan fungsi pengolah grafis dalam satu chip saja. Hal ini dilakukan untuk menjaga persaingan dengan Intel (rival utama AMD) yang telah mengembangkan GPU terintegrasi dengan diluncurkannya Intel HD series. Sejak tahun 2010, prosesor grafis AMD telah berhenti menggunakan merk dagang ATI. 

Itulah beberapa penjelasan lengkap pengertian, fungsi, jenis-jenis dari VGA, semoga dengan adanya artikel ini Anda akan lebih mudah memahami apa itu VGA.
Keberhasilan adalah kemampuan untuk melewati dan mengatasi dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya tanpa kehilangan semangat. (Winston Chuchill)
Sekian dari Artikel kali ini jika ada yang ingin Anda tanyakan atau ingin menambahkan silahkan komentar dibawah ini terima kasih.

COMMENTS

Nama

AoV,4,BitCoin,5,Blogspot,55,Games,14,internet,35,komputer,59,Kontes Blog,1,lain-lain,130,linux,1,multimedia,1,Overwatch,3,Plugin,1,sejarah,13,Smartphone,35,Tips & Trik,22,tkj,55,Widget,33,windows,4,Wordpress,15,
ltr
item
Layar Komputer 21: Pengertian VGA, Fungsi VGA, dan jenis-jenis VGA lengkap
Pengertian VGA, Fungsi VGA, dan jenis-jenis VGA lengkap
Berikut ini penjelasan mengenai pengertian, fungsi, dan jenis-jenis VGA, dari onboard sampai Ad-on(VGA Card), semuanya lengkap.
https://3.bp.blogspot.com/-pzgPOtFDYg4/WC5ZxIQTmbI/AAAAAAAABBA/7x1F6UhWiA4P2YHLGAqDtdMgHbEcHo4pQCLcB/s640/vga-onboard%2Bcopy.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-pzgPOtFDYg4/WC5ZxIQTmbI/AAAAAAAABBA/7x1F6UhWiA4P2YHLGAqDtdMgHbEcHo4pQCLcB/s72-c/vga-onboard%2Bcopy.jpg
Layar Komputer 21
https://www.lk21.news/2016/11/pengertian-vga-fungsi-vga-dan-jenis.html
https://www.lk21.news/
https://www.lk21.news/
https://www.lk21.news/2016/11/pengertian-vga-fungsi-vga-dan-jenis.html
true
2757422719814358249
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All Artikel Terkait LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy