Tips memilih VGA Card terbaik untuk PC Gaming

VGA (Video Graphic  Accelerator) adalah suatu standar yang ada pada tampilan komputer analog sebagai penerjemah keluaran komputer ke dalam suatu monitor. Jadi sudah jelas Fungsi VGA ialah menerjemahkan inputan dari penguna dan menampilkan inputan yang sudah diterjemahkan oleh VGA kepada output yang kemudian akan dibaca lagi oleh penguna, atau secara lain fungsi dari VGA yaitu Untuk menampilkan hasil proses dari inputan yang berupa grafis dan dikeluarkan dalam bentuk output yang kemudian ditampilkan ke monitor. Secara umum VGA terbagi menjadi 2 yakni VGA onboard dan VGA add-on. VGA Onboard adalah VGA yang sudah terintegrasi (Menyatu) dengan motherboard, VGA Onboard fungsinya sudah disesuaikan dengan kinerja dari motherboardnya atau dengan ukuran standard Motherboard. VGA onboard juga bisa di nonaktifkan jika anda ingin menggunakan VGA add-on. Sedangkan VGA add-on Adalah VGA tambahan yang bisa anda pilih jika anda merasa kurang puas dengan kinerja VGA sebelumnya. VGA add on sudah memiliki memori sendiri atau yang biasa kita sebut dengan VGA Card (Graphic Card). VGA Card bisa dipasang pada slot ekspansi yang ada pada motherboard. VGA Card bisa menjadikan resolusi yang maksimal dari sebuah standard Motherboard. Nah artikel kali ini akan memberikan tips dan trik memilih VGA Card terbaik dan berkualitas yang cocok untuk keperluan biasa atau gaming Anda, Agar mendapatkan VGA Card yang bermutu  dan sesuai keinginan maka Anda perlu menyimak artikel ini sebelum memilih dan membeli VGA Card. Jika Anda sembarangan memilih VGA Card tanpa tau fungsi dan spesifikasinya maka siap-siap saja Anda ambil tisu, soalnya banyak teman saya yang tak berpengalaman membeli VGA Card dan akhirnya performa yang di inginkan tidak ia dapat dari VGA Card tersebut.
Baca juga: "Pengertian VGA, Fungsi VGA, Jenis-jenis VGA lengkap"
 VGA Card terbaik untuk PC Gaming

1. Pilih VGA Card yang Sesuai dengan kantong Anda
Uang adalah hal yang paling penting dalam memilih VGA Card. Memang terdapat banyak sekali pilihan dengan variasi harga yang ditawarkan berbeda-beda, mulai dari harga di bawah Rp 1 juta hingga di atas Rp 10 juta. Jika Anda bingung dalam memilih VGA Card yang sesuai dengan kantong Anda, maka tidak ada salahnya untuk mengeceknya dulu di toko online, kelebihan dari mencari ditoko online ialah Anda akan diberi waktu selama yang Anda inginkan untuk mencari VGA Card yang di inginkan, Anda tidak perlu bertanya masalah spesifikasi dan tak perlu mengantri untuk bertanya, karna VGA Card yang ditawarkan sudah lengkap dengan spesifikasinya. Semakin banyak modal Anda maka mendapatkan VGA Card terbaru bukanlah hal yang sulit, tapi jika kantong Anda sedikit maka Anda harus jeli untuk mencari VGA Card terbaik yang sesuai dengan kantong Anda satu-satu, mungkin dengan pulahan klik review maka Anda akan mendapatkan VGA Card terbaik sesuai budget. Tapi sebelum Anda memilih VGA Card terbaik pastikan dulu membaca tips dibawah ini, agar Anda tidak salah beli.

2. Pilihlah merek yang berkualitas dan ternama
Merk akan berpengaruh terhadap kualitas VGA Card maka dari itu pastikan merek VGA Card yang Anda pilih sudah terkenal akan kualitasnya. Merk terkenal biasanya menggunakan komponen pendukung GPU yang menempel di PCB dengan kualitas yang lebih baik. Tapi jika modal Anda pas-pasan, maka mengenai merek dikesampingkan terlebih dahulu, carilah VGA Card yang memiliki performa yang baik yang di dukung teknologi terbaru didalamnya, jika Anda menemukan VGA Card seperti ini maka performa tidak akan kalah saing dengan merek ternama. Tapi Yang membedakan Antara merek terkenal dan tidak ialah komponen pendukungnya, dari hal inilah buatan merk terkenal graphic card lebih tahan lama (Awet). 
 
3. Cek kecepatan GPU (Graphics Processing Unit) Clock atau clockspeed GPU
GPU adalah singkatan dari Graphics Processing Unit, atau jika dijabarkan yaitu Unit Pengolahan Grafis, dalam definisinya menjelaskan bahwa GPU adalah sirkuit yang khusus dirancang secara cepat mengubah memori menjadi sedemikian rupa selanjutnya mempercepat pembentukan gambar dalam frame buffer dan hasil outputnya akan ditampilkan. Pada intinya GPU adalah CPU(Processornya) VGA Card, tapi CPU dan GPU berbeda, GPU kuat di grafis sedangkan CPU kuat diperhitungan, jadi dengan adanya GPU di VGA Card maka kinerja CPU akan berkurang.  Untuk saat ini hanya ada dua GPU untuk PC yang bagus, yaitu Nvidia dan Ati Radeon. GPU memiliki tingkat kecepatan yang lebih dikenal dengan istilah clockspeed . Jadi semakin cepat Clock Speed GPU, semakin cepat pula GPU dalam memproses data Graphis. Biasanya ada tiga jenis Clock GPU yaitu CUDA Cores, base mode dan bost mode.Salah satu contohnya, Chip GPU pada GeForce GTX 1080 memiliki 2560 CUDA Cores dan beroperasi pada base clock 1607 MHz dan boost clock 1733 MHz.

4. Cek kapasitas Memori dan pilihlah type VGA Card yang berteknologi baru
Bukan cuma RAM saja yang memiliki kapasitas penyimpanan tapi VGA Card juga memiliki kapasitas penyimpanan sementara, memory pada VGA Card memiliki kecepatan dan performa yang sangat tinggi dengan adanya kapasitas penyimpanan sementara pada VGA Card maka kapasitas penyimpana utama seperti RAM akan berkurang. Kapasitas memori pada VGA Card (graphics card) tersebut berguna untuk buffering saat GPU melakukan rendering gambar, semakin tinggi resolusi tampilan, atau semakin banyak tekstur dalam game, maka kapasitas memori yang diperlukan semakin banyak. Jadi jika Anda ingin membeli VGA Card pastikan semuanya sesuai kebutuhan, Karna VGA Card Berbeda jauh dengan RAM, kemampuan graphics card tidak dapat diukur dari kapasitas memori tersebut. Misal Memory VGA Card Anda sebesar 4GB DDR3 dan Anda badingkan dengan  Memory VGA Card 2GB GDDR5,  jelas performa Graphic yang ber GDDR5 lah yang terbaik dan tertinggi walau kapasitas memory nya lebih kecil dari DDR3. Jadi kapasitas memori tidak membawa peran penting pada performa graphics card. Justru type memori yang berteknologi baru lah yang dapat berpengaruh pada performa graphics card. Jadi pilihlah VGA Card yang memiliki type teknologi terbaru walau kapasitas memory nya lebih kecil dari pada teknologi lama, tapi lebih banyak kapasitas maka tambah bagus. Jenis Memory Interface yang digunakan oleh Graphic Card, ditunjukan dengan kode DDR atau GDDR. semakin tinggi tipe memory interface maka semakin tinggi pula performa dan kecepatan aksesnya. Type memory interface antara lain DDR1, DDR2, DDR3, DDR4 yang terakhir DDR5. Untuk sekarang ini tipe interface yang paling baru adalah GDDR5. Jadi pilihlah Graphic Card yang menggunakan tipe interface GDDR5 dan pastikan semuanya cocok dengan spesifikasi Motherboard, karna percuma Anda membeli VGA Card yang berteknologi terbaru jika tak kompatibel dengan Motherboard.

5. Cek Memory Clock Speed
Selain mengecek GPU clock , maka Anda disarankan untuk mengecek juga Memory clocknya, semakin besar kecepatan transfer memory clock maka semakin bagus, tapi yang lebih penting ialah GPU Clocknya. Memory clock adalah kecepatan memory dalam mengalirkan data yang bisa di olah bersamaan. Memory Clock biasanya ditunjukan dengan satuan Giga Byte Per Secon (Gbps). Contoh GTX Titan Z memiliki Memory Clock 7.0 Gbps.

6. Jalur data
VGA Card dengan jalur data 128 bit. Maksudnya semakin besar jalur data maka semakin besar data yang bisa di akses. Semakin lebar jalan maka semakin banyak mobil yang dapat lewat, begitulah kira-kira gambarannya. Contoh 32bit, 64bit, 128bit, 256bit, 512bit, dan seterusnya. Biasanya semakin besar Jalur data semakin besar pula Memori dan tipe interface Graphic Card. Tapi bit yang besar belum tentu memiliki performa besar jika dibangdingkan Antara teknologi lama dan teknologi baru. Misal VGA Card DDR3 memiliki bit sebesar 128 bit lalu Anda bendingkan dengan VGA Card GDDR5 yang memiliki bit sebesar 64 bit, manakah yang lebih cepat performanya? sudah jelas GDDR5 lah, GDDR5 itu yang jauh lebih kencang berkat teknologinya yang lebih canggih dari pada DDR3. Jadi bit bukanlah tolak ukur jika Anda bandingkan antara teknologi lama dan baru. Bit yang besar akan kalah dengan teknologi terbaru tapi jika teknologi terbaru memiliki jalur data (bit) yang besar maka akan semakin cepatlah dia. Jadi usahakanlah memilih VGA Card DDR5 dengan jalur data yang besar tentu harganya akan besar juga.

7.Pilih PORT keluar VGA Card yang sudah support semua monitor
Port VGA Card merupakan tempat colokan kabel VGA ke monitor. ada 3 buah jenis port VGA, yaitu : D-Sub, DVI dan HDMI. Port Graphic Card paling baru dan paling bagus adalah HDMI. D-sub adalah port yang masih digunakan pada monitor CRT. sedangkan port DVI dan HDMI biasanya digunakan untuk monitor LCD/LED High Definition. Beberapa VGA Card terbaru sudah suport lebih dari 1 monitor sekaligus.

8. Pastikan VGA Card yang dipilih support dengan Motherbord
Tidak semua Motherboard yang memiliki 2 buah PCIe support SLI (Nvidia) dan Crossfire (ATI Radeon) sekaligus, pasti salah satu Motherboard ada yang mendukung itu. maka dari itu cek terlebih dahulu Motherboard Anda sebelum memilih dan pastikan Motherboard mendukung VGA Card yang Anda pilih. jika Anda hanya menggunakan 1 buah VGA Card maka cukup lihat saja apakah Motherboard Anda tersebut memiliki PCIe. Ada 3 jenis PCIe yaitu 1.0, 2.0 dan 3.0, dengan pilihan kecepatan 1x, 2x, 4x, 8x, 16x, dan 32x. Nah sebelum membeli VGA Card pastikan dulu PCIe motheboard Anda mendukung VGA Card yang Anda inginkan, cek terlebih dahulu spesifikasi Motherboard Anda. Jika Anda ingin membeli Motherboard usahakanlah yang memiliki PCIe versi 3.0 16x atau 32x.
 
9. Pilihlah VGA Card yang memiliki pendingin terbaik dan pastikan VGA Card kompatibel
Vga adalah komponen yang sangat banyak menghasilkan panas dalam PC, semakin tinggi tipe dan model VGA Card maka panas yang dihasilkan akan jauh lebih besar. Jadi sebelum membeli VGA Card pastikan memiliki sistem pendinginan yang bagus dan baik. Untuk menghindari panas yang berlebihan dari sebuah VGA card, gunakan pendingin yang tidak reference. Tipe VGA yang pendinginya tidak reference namun senyap adalah ASUS DirectCU, EVGA ACX, Gigabyte Windforce, HIS IceQ, MSI Twin Frozr, Sapphire Dual-X, dan XFX Double-D. Namun harganya mahal. Jangan lupa Perhatikan juga ukuran VGA Card, hal yang dikira kecil namun cukup fatal jika anda tidak memperhatikannya. Jika anda ingin membeli VGA card pastikan ukurannya muat di dalam casing komputer Anda. Anda juga harus mencari tentang daya yang di butuhkan, tipe slot dan juga tipe konektor power oleh VGA Card.

Kesimpulan!!!
  1. Pastikan semua sesuai dengan kantong Anda, jangan memaksakan karna tidak selamanya yang mahal itu berkualitas dan cocok.
  2. Pilihlah merk VGA Card yang terkenal akan kualitasnya.
  3. Sebelum membeli dan memilih VGA Card Cek dulu GPU clock, type VGA Card, kapasitas memori, memori clock,  dan jalur datanya. semakin tinggi kecepatannya, semakin banyak kapasitasnya, semakin baru teknologinya, semakin besar jalur datanya, maka akan semakin bagus dan cepat performanya, tapi jika tidak kompatibel percuma (sia-sia) maka dari itu pastikan semuanya sesuai dengan spesifikasi motherboard dan kompatibel dengan semua komponen.
  4. Pilihlah VGA Card yang memiliki sistem pendingin  terbaik dan pilihlah VGA Card yang pas dengan casing PC Anda.
Itulah beberapa tips memilih VGA Card terbaik dan berkualitas cocok untuk keperluan biasa atau gaming, semoga dengan adanya artikel ini Anda akan lebih mudah dalam memilih VGA Card terbaik dan berkualitas.
Orang “Pintar” sering terlalu pede dengan kehebatannya. Dia merasa semuanya sudah Oke berkat kepintarannya sehingga mengabaikan suara konsumen. Orang “bodoh” ?. Dia tahu konsumen seringkali lebih pintar darinya. (Bob Sadino)
Sekian dari Artikel saya jika ada yang ingin Anda tanyakan atau ingin menambahkan silahkan komentar dibawah ini terima kasih.

COMMENTS

Nama

AoV,4,BitCoin,5,Blogspot,55,Games,14,internet,35,komputer,59,Kontes Blog,1,lain-lain,130,linux,1,multimedia,1,Overwatch,3,Plugin,1,sejarah,13,Smartphone,35,Tips & Trik,22,tkj,55,Widget,33,windows,4,Wordpress,15,
ltr
item
Layar Komputer 21: Tips memilih VGA Card terbaik untuk PC Gaming
Tips memilih VGA Card terbaik untuk PC Gaming
Berikut ini kumpulan tips memilih VGA Card (Graphic Card) terbaik dan berkualitas untuk komputer baik keperluan biasa atau gaming.
https://2.bp.blogspot.com/-fsYogpCt630/V_mvBU4hjwI/AAAAAAAAAv8/POivNmKHvOYWZqR8NAEx0UecDU7HAXD_wCLcB/s640/sku_153480_1.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-fsYogpCt630/V_mvBU4hjwI/AAAAAAAAAv8/POivNmKHvOYWZqR8NAEx0UecDU7HAXD_wCLcB/s72-c/sku_153480_1.jpg
Layar Komputer 21
https://www.lk21.news/2016/10/tips-memilih-vga-card-terbaik-untuk-pc.html
https://www.lk21.news/
https://www.lk21.news/
https://www.lk21.news/2016/10/tips-memilih-vga-card-terbaik-untuk-pc.html
true
2757422719814358249
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All Artikel Terkait LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy